Berita Dakwah Islam

Cara Mengisi Waktu Luang Saat Liburan Bermanfaat Dalam Islam

Cara Mengisi Waktu Luang Saat Liburan Bermanfaat Dalam Islam

Cara Mengisi Waktu Luang Saat Liburan


Mengisi Waktu Yang Kosong Dengan Aktifitas Bermanfaat


Bagi Anda yang sedang memiliki waktu luang/kosong, tentu saja Anda akan mencari-cari cara, baik secara sadar atau tidak untuk mengisi waktu luang Anda. Saat Anda menghabiskan waktu luang hanya dengan menonton TV favorit Anda, itu juga adalah cara Anda mengisi waktu luang, meski pun pilihan itu (menonton tv/film kesukaan) sering kali dilakukan secara tidak sadar. Ketika sadar Anda baru ingat kalau Anda sudah menghabiskan berjam-jam waktu luang Anda “hanya” dengan menonton TV saja.

Jika Anda bertekad untuk mengisi waktu kosong untuk yang lebih bermanfaat, segeralah mengambil keputusan, waktu luang Anda yang berharga mau digunakan untuk apa? Jika tanpa ketegasan mengambil keputusan, waktu luang berharga Anda akan terlewat percuma tanpa makna. Sekali Anda memapu mengambil keputusan yang baik, maka waktu luang Anda akan memberikan manfaat luar biasa untuk hari selanjutnya.

Cara Jitu Mengisi Waktu Luang Agar Bernilai Manfaat


Ada sebuah pertanyaan, Bagaimana yah cara yang paling tepat dalam mengisi waktu luang itu, apakah dengan terus beribadah?

“Apa saya harus shalat dan dzikir terus-terusan ?”

“Memangnya ibadah hanya itu-itu saja?”

Perlu diketahui bersama bahwa ibadah itu banyak ragamnya, namun kalau pun Anda shalat dan dzikir, apa salahnya? Itu adalah ibadah yang memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi kesuksesan kita di akhirat nanti. Jika punya waktu luang di malam hari, akan lebih mudah bagi Anda tidur tidak terlalu malam kemudian bangun di sepertiga malam untuk shalat tahajud dilanjutkan dengan dzikir.

Tentu saja, sudah kita ketahui bersama bahwa ibadah itu bukan hanya shalat dan dzikir semata, selain itu kita juga perlu melakukan aktivitas lain yang bisa kita lakukan, tanpa meninggalkan ibadah sunnah dan yang fardhu. Seperti dengan berolah raga, jalan jalan dan kegiatan positif lainnya.

Dibawah ini adalah 4 tips mengisi waktu luang yang bermanfaat untuk Anda, daripada membuang waktu percuma :

1. Membaca dan Menuntut Ilmu

Cara Mengisi Waktu Luang Saat Liburan Bermanfaat Dalam Islam

Cara mengisi waktu luang pertama yang bernilai tinggi adalah dengan membaca dan menuntut ilmu. Sudah kita ketahui bagaimana pentingnya menuntut ilmu dalam setiap aspek kehidupan. Agama mengajarkan kepada kita semua untuk selalu menuntut ilmu. Ibadah menuntut ilmu memiliki kedudukan dan nilai yang sangat tinggi dalam agama. Bahkan termasuk pokok dari ibadah, sebab ibadah-ibadah lainnya bisa tidak memiliki arti jika dilakukan tanpa ilmu.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menuntut ilmu:

  1. Menghadiri majlis ilmu
  2. Membaca buku, ebook, artikel, majalah, dan sebagainya.
  3. Menonton video ceramah agama ataupun mengenai pendidikan.
  4. Mengikuti pelatihan-pelatihan yang Anda perlukan
  5. Menghadiri seminar-seminar
  6. Belajar kepada ahlinya
  7. dan masih banyak cara lainnya yang bisa dilakukan.

Kita belajar apa? Banyak sekali yang harus dan bisa kita pelajari selama hidup ini. Pada dasarnya kita semua belajar agar ibadah kita diterima. Membaca buku tentang bisnis juga ibadah, sebab mencari nafkah juga merupakan ibadah. Niatkan selalu setiap aktifitas untuk beribadah. Namun, jangan sampai kita hanya menghabiskan waktu untuk belajar ilmu bisnis, sementara ilmu agama terlupakan. Keduanya harus adil sesuai porsinya, dan utamakan untuk mempelajari agama karena merupakan pokok dari kehidupan.

2. Berlatih Meningkatkan Kemampuan

Cara Mengisi Waktu Luang Saat Liburan Bermanfaat Dalam Islam

Aktivitas kedua yang bernilai tinggi adalah berlatih. Apa yang perlu dilatih? Silahkan lihat tujuan dan program Anda masing-masing. Dalam bidang apa yang mesti Anda kuasai dengan baik. Fokus kita harus menjadi juara, harus punya target menjadi yang terbaik, sehingga jika dirasa ada hal yang masih kurang, kita harus melatihnya sampai mahir dan menjadi yang terbaik dalam bidang yang Anda tekuni. Terlepas Anda itu seorang siswa, pengajar, karyawan, pebisnis, atau profesional, Anda harus berlatih agar menjadi yang terbaik dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Termasuk berlatih untuk kesehatan tubuh anda dengan olah raga fisik dan olah jiwa hati dan menta. Melatih konsentrasi, melatih kesabaran, dan banyak sekali latihan yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas diri Anda menjadi lebih prima.

Semakin banyak Anda berlatih, maka akan semakin berkualitas diri Anda. Bukankah ini adalah cara mengisi waktu yang bernilai tinggi?

3. Bersilaturahmi

Cara Mengisi Waktu Luang Saat Liburan Bermanfaat Dalam Islam

Mungkin kita semua sudah mengenal hadits dibawah ini:

“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim)

Aktifitas ketiga yang bernilai tinggi untuk mengisi waktu luang adalah Anda bisa mengisi waktu luang dengan bersilaturahmi. Ini akan meluaskan rezeki kita. Diakui juga dalam dunia bisnis dan karir, networking adalah satu faktor penting dalam keberhasilan dan kesuskesan kita.

4. Meluangkan Waktu Bersama Keluarga Tercinta

Cara Mengisi Waktu Luang Saat Liburan Bermanfaat Dalam Islam

Yang keempat mengisi waktu dengan keluarga. Keluarga adalah fondasi untuk keberhasilan dalam bidang apa pun. Untuk bisnis, untuk karir, dan untuk dakwah harus ditunjang dengan keluarga yang kuat dan harmonis. Maka, salah satu aktivitas penting yang tidak boleh dilewatkan adalah kebersamaan dengan keluarga. Jangan dilupakan ini.

Keempat aktivitas diatas akan menambah dan menjaga motivasi kita serta menjadikan diri kita lebih berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, jika kita niatkan ikhlas karena Allah, Insyaa Allah akan benilai ibadah. Kadang, banyak orang yang tidak punya waktu luang, maka buatlah waktu luang itu agar Anda pun bisa merasakan manfaat luar biasa dari keempat aktivitas itu.

Semoga kita semua dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan menjadi amal sholeh. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Mengisi Waktu Luang Saat Liburan Bermanfaat, share atau ctrl+D untuk bookmark. Semoga bermanfaat.

Sumber : www.motivasi-islami.com

Subscribe to receive free email updates: