Berita Dakwah Islam

Janji Allah Kepada Orang Beriman, Pasti Percayalah !


Janji Allah Kepada Hambanya Itu Pasti !


Dalam Al-Quran terdapat sekian banyak sekali janji janji mulia dan istimewa Allah 'Azza wa Jalla yang ditawarkan kepada mereka orang-orang yang memiliki keimanan, baik janji-janji di dunia ini maupun janji-janji di akhirat.

Janji-janji di akhirat yang diberikan bagi mereka yaitu orang yang beriman tidak akan dapat terhitung jumlahnya dalam kitab suci itu dikarenaka amat banyaknya.

Adapun janji-janji yang langsung di dunia ini yang disebut secara terang-terangan (eksplisit), setidak-tidaknya ada sepuluh macam Janji Allah kepada orang beriman. Berikut ini adalah sembilan janji di dunia berikut :

1. Allah SWT berjanji akan menolong setiap orang-orang yang beriman. Sebagaimana firman Allah SWT,
"... Dan Kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman." (QS. Ar-Ruum: 47).

2. Diberikan advokasi atau pembelaan kepada orang beriman (ad-difa'). Allah SWT berfirman,
”Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang ber­iman...” (QS. Al-Hajj:38).

3. Mendapatkan perlindungan kasih sayang (Al-wilayah) untuk hamba beriman. Allah SWT berfirman,
”Allah Pelindung orang-orang yang beriman.... ” (QS. Al-Baqarah: 257).

4. Ditunjukkan kepada jalan yang benar (Al-hidayah) orang beriiman. Didasarkan firman Allah SWT,
”... Sesungguhnya Allah adalah Pemberi petunjuk bagi orang- orang yang beriman kepada jalan yang lurus. ” (QS. Al-Hajj: 54).

5. Orang-orang kafir tidak akan diberikan jalan untuk memusnahkan mereka hamba hmba beriman dari muka bumi (adamu taslithiil kafirin). Allah SWT berfirman,
"Dan Allah sekali-kali tidak akan memberi jalan kepada orang-orang kafir.” (QS. An-Nisa.i : 141).

6. Diberikan kekuasaan di dunia dan diberikan kemapanan dalam segala bidang untuk mereka yang iman. Allah SWT berfirman,
"Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman diantara kamu dan mengerjakan amal-amal saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah meiyadikan berkuasa orang-orang sebelum mereka, dan sungguh Dia akan meneguhkan (memberikan kemapanan) agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka.” (QS. An-Nuur; 55).

7. Keberkahan dari langit danbumi, seperti sumber dayaalam yang melimpah serta rejeki yang lezat (Al-barakah dan ar-rizqu ath-thayyib). Allah SWT berfirman,
"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi." (QS. Al-A'raaf: 96).

8. Janji kanKemuliaan dan kejayaan (Al-izzah). Allah SWT berfirman,
”Padahal kekuatan (kemuliaan) itu hanyalah bagi Allah bagi Rasul-Nya, dan bagi orang-orang yang berinar (mukmin).” (QS. Al-Munafiquun: 8).

9. Kehidupan yang baik didunia dan akhirat tentunya (al-hayah ath-thayyibah) Allah SWT berfirman,
"Barangsiapa mengerjakan amal saleh baik laki-laki mau­pun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya Kami akan berikan kepadanya kehidupan yang baik." (QS. An- Nahl: 97).

Dengan janji-janji yang sangat menggiurkan tersebutkan diatas tentulah kualifikasi (penyeleksian) orang-orang yang dikategorikan sebagai memiliki keimanan atu orang beriman sangat ketat. Jika tidak, tentulah saja banyak orang, bahkan semua orang, yang akan mengaku-aku diri sebagai orang berimman.

Untuk menghindarinya ini semwa dan untuk mengukur seberapa pula seberapa kadar keimanan manusia ini, dilakukanlah proses tes terlebih dahulu nya, tes keimanan, sebagaimana tes cobaanini dilakukan terhadap generasi-generasi ter dahulu.

Allah SWT berfirman dalam AlQuran,
"Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan, 'Kami telah beriman,’ sedang mereka belum diuji ? Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang- orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang- orang yang dusta.” (QS. Al-'Ankabuut: 2-3)

Sikap optimisme ini dengan kalimath penggugah semangat juang, pembesar jiwa ruh, akan memunculkan rasa harapan yang kemudian akan menuntun kita untuk lebih mempertegas rasa yakin kepada Allah.

Agar supaya keyakinan ini benar-benar mantap tertancap dalam di hati sanubari… Agar kemudian Allah berkenan menolong dan meberikan hidayah Nya.

Yakinlah yakinlah wahai saudaraku seiman dan seperjuangan, Allah pasti akan menolong kita, bahkan meskipun kita mungkin masih dalam kondisi usaha dan berupaya memperkuat dan mempertegas rasa yakin dalam diri.

Terima kasih telah membaca artikel Janji Allah Kepada Orang Beriman, share atau ctrl+D untuk bookmark. Semoga Bermnafaat.

Sumber gambar : FP imuslimshop.com

Subscribe to receive free email updates: