Berita Dakwah Islam

Merancang Masa Depan Cerah Gemilang, Mulai Sekarang Juga !

Merancang Masa Depan Cerah Gemilang, Mulai Sekarang Juga !

Merancang Masa Depan Mewujudkan Impian


Sahabat setiap orang pasti punya cita-cita, namun pertanyaanya kenapa ada yang berhasil mencapai cita-citanya dan ada pula yang Galau karena ketidak jelasan dengan apa yang dia cita-citakan. Yang membedakan adalah usaha dan ikhtiar masing-masing orang, kan aneh ya Tuhan beri waktu kepada setiap manusia dimanapun berada sama yakni 24 Jam perharinya. Tapi kenapa ada yang success dan ada yang gagal. Nah dalam postingan kali ini saya mau coba share dari apa yang saya dapat dari membaca dan pengalaman saya dalam Merancang Masa Depan Sedini Mungkin. Oke langsung saja kita lanjutkan bagaimana cara-caranya :

1. Tulis / Rancang Goal Setting (Jangka Panjang) sedini mungkin.


Merancang Masa Depan Cerah Gemilang, Mulai Sekarang Juga !

Merancang goal setting sangatlah penting untuk tercapainya cita-cita kita. Dengan adanya rancangan lebih memantabkan kita untuk melangkah mencapai apa yang kita cita-citakan. Tulis rencana-rencana 5-10 Tahun kedepan, Tahunan, Bulanan kita dikertas, setelah itu temple dimana kita sering melihatnya (Misal:dikamar).Hal ini bias memotivasi kita ketika dalam keseharian muncul virus malas-malasan atau Galau. Misal ketika kita Galau dan secara tidak sengaja membaca apa yang sudah anda cita-citakan dikertas tersebut anda akan berfikir “KALAU SAYA TERUS-TERUSAN SEPERTI INI BAGAIMANA TARGET-TARGET INI BISA TERCAPAI?”, dengan begitu kita akan berusaha melupakan KEGALAUAN kita dan selanjutnya bangkit untuk terus Actions-Actions-Actions.

Mungkin ada yang bilang “Bagaiman kalau ada yang masuk ke kamar dan menertawakan impian-impian kita”. Kalau prinsip saya sih ya biarin aja mereka menertawakan impian-impian kita, santai aja kali toh yang membuat kita success dan Gagal bukan mereka. Yang membuat kita success adalah Ikhtiar kita dan izinNYA. Dan biarkan saja mereka mencaci impian-impian kita, disini kan kita jadi orang yang teraniaya, ingat Do’a orang teraniaya ampuh loh.hehe

Jadi Mulai dari sekarang ayo sahabat tulis Target-Targetan kedepan.


2. Buat Rencana Mingguan dan Harian (Jangka Pendek), Beri Punishment (Hukuman) Jika Tidak Tercapai


Merancang Masa Depan Cerah Gemilang, Mulai Sekarang Juga !

Buatlah draft harian di buku diari setiap mau tidur dan evaluasi besoknya ketika mau tidur kembali (Lakukan Terus-menerus). Dan jika target yang kita buat tidak tercapai buatlah Punishment (Hukuman) untuk diri sendiri, misalnya membersihkan kamar mandi, menyapu halaman rumah selama seminggu setiap pagi, yang jelas Punishment (Hukuman) yang kita buat positip dan bermanfaat untuk kita sendiri, orang lain dan lingkungan.

Mudah-mudahan target harian dan mingguan yang kita sudah rancang dan kegiatan kita positip, bisa menjadikan kita pribadi yang berkarakter baik.

3. Selaraskan Impian Kita dengan Orang-orang dekat kita.


Merancang Masa Depan Cerah Gemilang, Mulai Sekarang Juga !

Tak ada salahnya kita bicarakan impian-impian kita ke orang tua, kakak, adik, dan sahabat-sahabat kita. Mudah-mudahan dengan membicarakan impian-impian kita kepada orang-orang dekat kita mereka selalu do’akan kita dan support kita, dan jangan lupa pula kalo mereka tahu apa target-target kita, mereka malah bias tuh jadi pengawas kita, yang bias mengingatkan dan menyupport kita kalo-kalo kita gag konsisten dengan targetan kita.

4. Bergaulah Dengan Lingkungan Yang Baik


Merancang Masa Depan Cerah Gemilang, Mulai Sekarang Juga !

Lingkungan dan pergaulan adalah factor success atau tidaknya Impian kita. Missal nih kita impiannya jadi pengusaha success tapi kita gaulnya dengan para pengangguran yang bisanya menghabiskan uang orang tuanya. yang betul bergaulah dengan para pengusaha, dan mulailah cari tahu bagaimana kiat-kiat menjadi pengusaha success. Yang paling benar adalah bergaul tuh jangan pilih-pilih yang kaya, yang cerdas, yang pengangguran, dan yang miskin pun harus kita gauli, kalau dalam pergaulan kita dapat baiknya yah kita lakukan kalo menurut kita tidak baik ya jangan ditiru syukur-syukur kita mau mengajak sahabat kita yang salah untuk lebih baik.

5. Lakukan Secara Terus-menerus


Merancang Masa Depan Cerah Gemilang, Mulai Sekarang Juga !

Lakukan terus menerus jangan semangat di depan saja, lakukan secara Istiqomah, lakukan selama kita masih diberi waktu, lakukan yang terbaik dan siap-siap raih keberhasilan dimasa depan dengan karakter yang sudah dibentuk sejak dini dengan melakukan hal-hal yang positif dan dilakukan kontinyu.

Bermimpi Besar berarti percaya Allah Maha Besar
Bermimpi Kaya berarti percaya Allah Maha Kaya
Bermimpi yang Remeh-remeh berarti ???

Kesimpulan dari pembahasan kita kali ini adalah setiap orang bisa, setiap orang mampu, jika ada kemauan, niat, tekad, dan komitmen dengan apa yang diinginkan, namun kita juga harus serahkan semuanya kepada Allah SWT, jika apa yang kita inginkan tidak tercapai, pasti Allah gantikan dengan yang terbaik.

Terima kasih telah membaca artikel Merancang Masa Depan Cerah Gemilang, Mulai Sekarang Juga !, share atau ctrl+D untuk bookmark. Semoga bermanfaat.

Sumber : mudasmart.blogspot.co.id

Subscribe to receive free email updates: