Berita Dakwah Islam

Bahaya Menunda Shalat, Muslim Beriman Wajib Baca !

Bahaya Menunda Shalat, Muslim Beriman Wajib Baca !

Bahaya Menunda-Nunda Shalat (Lalai Terhadap Shalat Wajib)


Bahaya Menunda Shalat Wajib - Seringkali kita dihadapkan pada kondisi yang super sibuk. Mengurusi rumah, mengurusi pekerjaan, mengurusi anak anak, mengurusi suami, mengurusi busines, dan mengurusi banyak hal yang sampai membuat kita tanpa sadar menuda-nunda dan mengakhirkan shalat.

Saat adzan berkunmandang tiba, bukannya dia langsung ambil wudhu dan lngsung melaksanakan ibadah wajib ini. Tapi malah keasyikan dengn aktivitas yang sedang dikerjakan karena alasan nanggung, bahkan tak jarang menundanya sampai meninggalkannya Na'udzubillah.

Agar kita senantias tidak menunda-nunda mengakhirkan shalat fardlu atau wajib saat tiba waktunya, kita harus mengetahui dan memahami apa saja bahaya menunda-nunda shalat wajib/fardhu? Simak apa saja bahayanya berikut dibawah ini.

1. Dosa Besar

Bahaya Menunda Shalat Wajib - Orang yang menunda atau bahkan meremehkan waktu shalat fardhu sampai lewat waktunya adalah dosa besar.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, yang artinya: “Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.” (QS. Maryam: 59)

Makna Idha’atus Shalat (menyia-nyiakan shalat) menurut sebagian ulama tafsir adalah shalat di luar waktunya dan suka meninggalkan shalat.

Umar bin Abdul Aziz berkata tentang maksud ayat di atas, “(makna,-ter) mereka menyia-nyiakan shalat itu bukan meninggalkannya, tetapi menunda-nunda waktunya.”

Imam Ibnu Katsir menukil perkataan al-Auza’i yang dari Musa bin Sulaiman dari Al-Qasim bin Mukhaimarah tentang maksud ayat di atas, “Mereka menyia-nyiakan (menunda-nunda) waktunya, kalau meninggalkan maka telah kafir.”

2. Akan mendapat celaka dan kehancuran

Bahaya Menunda Shalat Wajib - Firman Alllah Swt yang artinya: “Maka, kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lupa akan sholatnya.” Al-Maa’uun: 4-5).

Orang-orang lupa adalah orang-orang yang lalai dan meremehkan sholat. Sa’ad bin Abi Waqqash berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang orang-orang yang lupa akan salatnya. Beliau menjawab, yaitu mengakhirkan waktunya.”

Mereka disebut orang-orang yang sholat. Namun, ketika mereka meremehkan dan mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya, mereka diancam dengan Wail, azab yang berat.

3. Mengalami kerugian

Bahaya Menunda Shalat Wajib - Firman Allah SWT yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat ALLAH. Barang siapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (Al-Munafiqun: 9)

Para mufasir menjelaskan, “Maksud mengingat ALLAH dalam ayat ini adalah sholat lima waktu. Maka, barang siapa disibukkan oleh harta perniagaannya, kehidupan dunianya, sawah ladangnya, dan anak-anaknya dari mengerjakan salat pada waktunya, maka ia termasuk orang-orang yang merugi.”

Rasulullah Saw. bersabda yang artinya, “Amal yang pertama kali dihisab padahari kiamat dari seorang hamba adalah sholatnya. Jika sholatnya baik maka telah sukses dan beruntunglah ia, sebaliknya, jika rusak, sungguh telah gagal dan merugilah ia.” (HR Tirmizi dan yang lain dari Abu Hurairah. Ia berkata, “Hasan Gharib.”)

4. Akan dimasukkan ke Neraka


Bahaya Menunda Shalat, Muslim Beriman Wajib Baca !

Bahaya Menunda Shalat Wajib - Firman Allah Swt yang artinya, “Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek), yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka kelak mereka akan menemui “ghayyu“. Kecuali orang-orang bertaubat, beriman dan beramal shaleh, maka mereka akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikit pun.” (QS.Maryam:59-60)

Adapun “ghayyu“ adalah lembah yang berada di neraka jahanam, yang amat jauh kedalamannya, sangat busuk rasanya, bagi orang-orang yang melalaikan shalatnya.

Allah Ta’ala juga berfirman, “Maka wail-lah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS.Al-Maun:4-5)

Wail adalah lembah di neraka jahanam yang seandainya gunung di dunia dijatuhkan ke dalamnya, maka akan hancur lembur karena panasnya. Itulah tempatmu kelak jika kamu tidak mau bertaubat.

Jika sudah tahu tentang ganjaran yang diterima oleh orang yang lalai terhadap ibadah shalat, mari kita berusaha untuk menyegerakan shalat saat adzan jika tiba, jangan. Semoga Allah menjaga keistiqamahan kita untuk selalu melaksanakan shalat di awal waktu. Aamiin.

Terima kasih telah membaca artikel Bahaya Menunda Shalat Wajib, share atau ctrl+D untuk bookmark. Semoga bermanfaat.

Sumber : Fans Page Rumah Zakat

Subscribe to receive free email updates: