Berita Dakwah Islam

Biografi & Profil Dr. Zakir Abdul Karim Naik Lengkap

Biografi & Profil Dr. Zakir Abdul Karim Naik Lengkap
Biografi Zakir Naik

Dr. Zakir Naik


Biografi Zakir Naik - Siapa yang tidak kenal dengan Dr. Zakir Naik, Ia adalah seorang Da'i yang mempunyai pengaruh besar dalam penyebaran agama Islam di seluruh dunia pada saat ini. Dr. Zakir Naik terkenal karena kehebetannya dalam menghafal hampir kitab suci seluruh agama. Dr. Zakir Naik juga menguasai ajaran ajaran agama dari Islam, Kristen, Judaisme, Hindu, Budha, Sikh, Zoroastrianisme hingga Atheisme.

Biografi Tentang Zakir Naik


Biografi Zakir Naik - Nama asli Dr. Zakir Naik adalah Zakir Abdul Karim Naik, lahir pada tanggal 18 Oktober 1965 di Mumbai. Ia adalah seorang Da'i (pembicara) Muslim yang berasal dari India, dan juga seorang penulis tentang Islam dan perbandingan agama.

Secara profesi, ia adalah seorang dokter medis, ia memperoleh gelar Bachelor of Medicine and Surgery (MBBS) dari universitas Maharashtra, tapi sejak tahun 1991 dia telah menjadi seorang Da'i ulama yang terjun dalam dakwah Islam dan perbandingan agama. Ia menyatakan bahwa tujuannya itu adalah untuk membangkitkan kembali dasar-dasar pondasi penting Islam, yang kebanyakan remaja Muslim pada saat ini tidak menyadarinya atau sedikit sekali pemahaman tentang Islam dalam konteks modernitas.

Zakir Naik merupakan pendiri dan presiden Islamic Research Foundation atau disingkat IRF. Ini merupakan sebuah wadah dan organisasi nirlaba, yang memiliki dan menyiarkan jaringan saluran TV online yang bernama Peace TV dari Mumbai India. Siaran ini Peace TV telah dilihat oleh ratusan juta orang dari berbagai negara, bahkan telah masuk ke benua biru Eropa. Sejak tanggal 21 Januari 2006, Peace TV chanel telah disiarkan ke lebih dari 200 negara di seluruh dunia, termasuk di Asia, Afrika, Europe, Australia, dan Amerika Utara. Pada tahun 2009, diluncurkan Peace TV Urdu, yang dikhususkan bagi pemirsa yang berbicara menggunakan bahasa Urdu. Dan pada tanggal 22 April 2011, diluncurkanlah Peace TV Bangla, yang dikhusukan bagi pemirsa yang berbicara bahasa Bengali di seluruh dunia.

Biografi & Profil Dr. Zakir Abdul Karim Naik Lengkap
Biografi Zakir Naik - Syekh Ahmed Deedat
Biografi Zakir Naik - Dr. Dakir Naik mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh Syekh Ahmed Deedat yang telah aktif di bidang dakwah selama hampir lebih dari 40 tahun. Menurut Naik, tujuannya itu adalah berkonsentrasi pada remaja remaja Muslim berpendidikan, yang mulai meragukan agamanya sendiri dan merasa agama Islam itu kuno. Ia berprinsip bahwa ini adalah tugas setiap Muslim, untuk menepis kesalahpahaman tentang Islam dan melawan apa yang ia anggap sebagai bias anti-Islam oleh media media Barat setelah terjadinya serangan teror 11 September 2001 terhadap America Serikat. Ia telah berceramah dan menulis sejumlah buku tentang Islam dan perbandingan agama, juga menuliskan dan membicarakan segala hal yang ditujukan untuk menghapus keraguan tentang Islam. Sejumlah artikelnya juga sering diterbitkan di majalah India seperti misalnya di Islamic Voice.

Dialog Terbuka Bersama Para Tokoh Agama Dunia


Biografi Zakir Naik - Zakir Naik telah mengadakan banyak debat dan ceramah di seluruh dunia, ia biasa mengadakannya di Mumbai, India, dan setiap tahunnya dimulai sejak 2007 ia memimpin Konferensi Damai 10 hari di Somaiya Ground, Sion, Mumbai dengan para cendekiawan lainnya, termasuk politikus yang berasal dari Malaysia, bernama Anwar Ibrahim pada tahun 2008.

Pada tahun 2004, Dzakir Naik mengunjungi Selandia Baru dan kemudian ke ibu kota Australia atas undangan Islamic Information and Services Network of Australasia. Dalam konferensinya di Melbourne, menurut jurnalis Sushi Das, "Naik memuji superioritas moral dan spiritual Islam dan mencerca kepercayaan lain dan bangsa Barat secara umum", menambahkan bahwa kata-kata Naik "mendorong jiwa keterpisahan dan memperkuat pemisahan".

Tanggal 1 April 2005, Dzakir Naik terlibat dalam acara debat dengan William Campbell, topiknya adalah Islam & Kristen dalam konteks ilmu pengetahuan (since), di mana keduanya membicarakan dugaan kesalahan ilmiah di dalam kitab suci masing masing.

Anda bisa menonton atau mengunduhnya dengan klik video dibawah ini !



Biografi Zakir Naik - Tanggal 21 Januari 2006, Dzakir Naik mengadakan sebuah dialog terbuka antaragama dengan tokoh besar Hindu Sri Sri Ravi Shankar. Acara ini dengan topik mengenai konsep Tuhan dalam Islam dan Hinduism, tujuan dari dialog ini adalah untuk memberikan kesepahaman antara dua agama besar yang ada di India ini dan menjelaskan persamaan dan perbedaan antara Islam dan Hinduism, sebagaimana halnya menyembah berhala itu dilarang. Acara ini Diadakan di Bangalore, India dengan hampir 50.000 orang yang datang memadati Palace Grounds.

Anda bisa menonton atau mengunduhnya dengan klik video dibawah ini !



Biografi Zakir Naik - Pada Bulan August 2006 atas kunjungan dan konferensi Zakir Naik di Cardiff (Britania Raya) menjadi obyek kontroversi ketika MP (anggota parlemen) bernama Wales David Davies meminta supaya acaranya dibatalkan. Ia menyebut Naik bahwa ia adalah seorang 'penjual kebencian', dan mengatakan bahwa pandangan Dzakir Naik tidak pantas memperoleh platform publik. Muslim dari Cardiff mempertahankan hak berbicara Dzakir Naik di kota mereka. Saleem Kidwai ia adalah Sekretaris Jenderal Muslim Council of Wales, tidak setuju dengan argumen Davies, Saleem Kidwai menyatakan bahwa "orang-orang yang mengenalnya ( Dzakir Naik) mengetahui bahwa ia adalah salah satu orang yang paling tidak kontroversial yang pernah ada. Ia berbicara tentang kesamaan antar agama, dan bagaimana kita harus hidup selaras dengan mereka, dan ia mengundang Davies untuk membicarakan lebih jauh dengan Dr. Zaik Naik secara pribadi di konferensi ini. Akhirnya, konferensi tetap berjalan, setelah dewan Cardiff mengatakan bahwa mereka senang jika ia tidak berceramah dengan pandangan ekstremis.

Berikut pernyataan Zakir Naik mengenainya, Anda bisa menonton atau mengunduhnya dengan klik video dibawah ini !



Setelah sebuah ceramah oleh Paus Benediktus XVI bulan September 2006, Zakir Naik mengajak untuk berdialog langsung dengannya di depan publik, tetapi ditolak oleh Sri Paus.

Dalam sebuah terbitan tanggal 22 Februari 2009, Indian Express membuat daftar "100 Orang India Terkuat 2009" di antara satu miliar lebih penduduk India, Dr. Zakir Naik masuk ke peringkat 82 orang yang memiliki pengaruh kuat di India dan dalam daftar khusus "10 Guru Spiritual Terbaik India", DZakir Naik ada di peringkat ke 3, setelah Baba Ramdev dan Sri Sri Ravi Shankar.

Itulah ulasan biografi singkat tentang Zakir Naik yang menjadi sorotan Barat, karena dakwahnya yang logis, bahasanya yang intelektual dan penyampaian yang komunikatif kepada setiap orang yang bertanya atau pun terhadap orang yang beradu argumen dengannya.

Anda juga bisa melihat kumpulan video Zakir Naik, dengan mengunjungi link di bawah ini :

Kumpulan Video Dr. Zakir Naik

Terima kasih telah membaca artikel Biografi Zakir Naik, share atau ctrl+D untuk bookmark. Semoga bermnafaat.

Sumber : Wikipedia
Video : Youtube

Subscribe to receive free email updates: